Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tentang Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum frutescens)

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tentang Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum frutescens)

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

                        Program Studi Manajemen Arigbisnis merupakan salah satu program studi pada Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK) Politeknik Pertanian Negeri Kupang yang menyelenggarakan pendidikan vokasional setara Diploma 3 (D3). Sesuai dengan sistem pendidikan vokasi tersebut, maka penerapan proses pembelajaran lebih ditekankan pada pengembangan keahlian dan keterampilan mahasiswa sesuai kebutuhan pasar. Visi Program Studi Manajemen Agribisni adalah menjadikan lulusan sebagai wirausahawan handal di wilayah NTT dalam bidang manajemen agribisnis.Untuk mencapai visi tersebut maka, kurikulum pada Program Studi Manajemen Agribisnis dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan ruang yang cukup kepada mahasiswa untuk memperdalam jiwa kewirausahaan lewat beragam kegiatan belajar. Salah satunya melalui kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun ke lapangan, yaitu ke unit bisnis yang sesuai dengan minat usaha dalam pelaksanaan Tugas Akhir.

Sesuai dengan minat usaha yang digeluti dalam pelaksanaan Tugas Akhir yaitu bisnis pemasaran cabai rawit, maka kegiatan PKL dilaksanakan di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kabupaten Kupang yang bergerak di bidang penanaman dan pemasaran cabai rawit yaitu usaha milik Ibu Nova yaitu selama 1,5 bulan dari 24 Februari sampai 27 Maret 2020. Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan yaitu untuk mempelajari bagaimana penanaman, pemeliharaan, dan lebih khususnya lagi sesuai dengan minat yang digeluti yaitu di bidang pemasaran.

Cabai rawit (Capsicum frustescens) digemari untuk dijadikan bahan bumbu masakan karena memiliki rasa yang sangat pedas dibandingkan cabai besar. Selain itu, cabai rawit dapat membuat tampilan masakan menjadi cerah dan mampu meningkatkan selera makan.Cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung kapsidiol, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur), (Prajnanta, 2001). Kebutuhan akan cabai rawit semakin meningkat seiring denganmeningkatnya jumlah penduduk dan variasi menu masakan.

1.2. TUJUAN PKL

Adapun tujuan dari kegiatan PKL yaitu :

  1. Tujuan Umum

Tujuan umum kegiatan PKL yaitu sebagai salah satu syarat dalam melaksanakan Tugas Akhir dan juga merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester VI.

  • Tujuan Khusus

Tujuan khusus dari kegiatan PKL adalah untuk mengetahui hal teknis dan manajemen yang berkaitan dengan budidaya dan pemasaran dalam usaha bisnis cabai di UD. Cabai Rawit Ibu Nova di Kabupaten Kupang.

1.3. MANFAAT PKL

Adapun manfaat  dari kegiatan PKL yaitu :

  1. Bagi Penulis, sebagai tambahan pengetahuan, keterampilan, dan pemngalaman praktis dalam usaha bisnis pemasaran cabai rawit sehingga dapat mendukung pelaksanaan Tugas Akhir.
  2. Bagi institusi, sebagai bahan masukan dan informasi tentang system pemeliharaan dan Pemasaran Cabai Rawit.
  3. Bagi masyarakat, sebagai bahan informasi dalam melaksanakan usaha Pemasaran Cabai Rawit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.