Untuk Keluarga Produktif, Ini Caranya Untuk Para Istri

ILUSTRASI

Semuadata.com, – Sebagai ibu rumah tangga maka Anda wajib mengelola nafkah dari suami, agar cukup selama sebulan. Saat ini harga sembako dan berbagai kebutuhan lain sedang meroket, dan akhirnya mencari cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga. Berhemat bukan berarti pelit, melainkan sebuah trik khusus agar Anda bisa survive tanpa harus mencari paylater atau hutang agar tetap bisa belanja dengan aman di akhir bulan.

Tips Hemat Uang untuk Ibu Rumah Tangga
Berikut ini beberapa kiat cerdik agar Anda bisa membelanjakan uang tanpa ketar-ketir akan kehabisan sebelum tanggal gajian:

  1. Belajar untuk Terus Hidup Irit

Memiliki gaya hidup irit bukan hanya Anda praktikkan di akhir bulan karena kondisi dompet makin menipis. Namun dilakukan tiap hari agar terbiasa untuk hemat dan tidak memboroskan uang demi barang-barang yang tak ada gunanya. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi kebiasan membeli jajanan. Boleh sesekali ngemil tapi jangan tiap hari karena akan membuat dompet bolong.

Ajak serta suami dan anak-anak agar terus berusaha hemat. Misalnya dengan mematikan lampu-lampu saat malam hari agar irit biaya listrik. Mematikan televisi saat tidak ditonton (tidak hanya didengarkan dan malah berfungsi sebagai radio). Membawa bekal untuk snack plus makan siang sehingga tidak membeli makanan di kantin sekolah, dll.

  1. Bergaya Hidup Minimalis

Hidup minimalis adalah salah satu cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga. Dengan menerapkan gaya hidup ini maka akan sejalan dengan misi Anda untuk terus mengirit, agar uang di dompet tetap aman. Hidup minimalis bisa dipraktikkan misalnya dengan mengurangi belanja kebutuhan tersier jika yang lama belum benar-benar rusak.

Misalnya Anda ingin beli televisi yang model flat padahal di rumah masih ada TV tabung yang kondisinya masih baik-baik saja. Jangan beli suatu barang hanya demi gengsi, karena hanya akan memenuhi rumah dengan benda-benda yang kadang tak dipakai karena terlupakan. Ingatlah untuk tetap bergaya hidup minimalis dan sebenarnya Anda bisa tetap survive walau hanya memiliki sedikit perabot dan benda-benda lain di rumah.

  1. Belanja Barang Diskonan

Berhemat bukan berarti Anda berhenti untuk belanja karena ada trik khususnya agar tetap irit. Carilah barang-barang yang dibandrol dengan tag cuci gudang atau diskon besar-besaran. Anda bisa tetap mendapatkan kebutuhan keluarga dengan harga yang sangat miring hanya di Blibli. Marketplace Blibli menjual dengan harga murah tetapi kualitasnya tetap nomor wahid.

  1. Rutin Menabung dengan Semangat

Sudahkah Anda rutin mengisi celengan di rumah sehingga benda itu lekas penuh? Jika sudah berhasil menghemat uang belanja maka sisa uangnya sebaiknya ditabung, walau hanya recehan. Pisahkan celengan antara uang koin dengan uang kertas agar isinya tetap awet dan aman. Dengan memiliki simpanan uang maka akan berguna ketika ada kebutuhan mendadak, misalnya biaya opname anak.

  1. Membuat Anggaran

Pengeluaran Bulanan
Setelah menerima nafkah dari kepala rumah tangga maka Anda sebagai bendahara keluarga langsung membuat anggaran pengeluaran bulanan. Misalnya untuk beli beras, belanja sayur harian, bayar listrik dan air, SPP anak, BPJS, biaya transportasi suami, dll. Setelah itu Anda wajib untuk memisah-misahkan uang ke beberapa amplop agar lebih rapi dan mematuhi anggaran belanja.

Ada berbagai cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga seperti membuat dan menaati budget belanja bulanan, rajin menabung, dan membeli barang-barang diskonan. Jangan khawatir karena Anda bisa tetap shopping hemat di Blibli, marketplace nomor 1 di Indonesia. Harganya dijamin murah dan kualitasnya bagus, dan ada jaminan paket pesanan pasti sampai ke depan rumah Anda.

Aprilia/Spektrumntt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.